Jumat, 19 Juli 2013

Orang yang Bangkrut

Khutbah Sholat Jumat di Fakultas Teknik UI
Depok, 12 Juli 2013

Orang yang bangkrut itu buka orang yang punya usaha, kemudian usahanya gagal dan dia mengalami rugi.
Akan tetapi orang yang bangkrut itu adalah orang yang dzalim. Di akhirat nanti, orang-orang yang dzalim akan mengalami kerugian. Walaupun orang tersebut ketika didunia melakukan tindakan amal sholeh yang banyak, maka dia akan termasuk orang-orang yang bangkrut ketika di akhirat bila pernah melakukan dzalim.

Dzalim terhadap orang lain sangat merugikan kita. Oleh karena itu harus kita hindari, bila amal kita banayk, tetapi kita dzalim terhadap orang lain, maka amal kita nanti akan di potong oleh kedzaliman kita terhadap orang lain itu. Dan bila amal kita seimbang dengan kedzaliman kita terhadap orang lain, maka amal kita akan habis, dan ketika amal kita sudah habis, sedangkan kita masih terdapat dosa dzalim terhadap orang lain, maka kita akan membayarnya dengan menerima dosa orang yang kita dzalimi itu. Walaupun kita tidak melakukannya, tetapi karena amal kita sudah habis untuk membayar kedzaliman maka dosa merekalah yang menjadi gantinya.



Bisa jadi karena kita melakukan banyak kedzaliman terhadap orang lain, kita bisa masuk neraka ketika di akhirat nanti. Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus menghindari kedzaliman kita terhadap orang lain serta menambah amalan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar