Sabtu, 08 Juni 2013

Isra' Mi'raj

Hari kamis kemarin tanggal 6 Juni 2013 atau pada tangg al 27 rajab 1434 H kita sebagian umat islam
memperingati isra miraj nabi Muhammad SAW. Pada peristiwa ini Nabi Muhammad mendapat perintah untuk menjalankan shlat wajib 5 waktu langsung dari Allah SWT. Belum pernah sebelumnya ada nabi yang mendapat perintah langsung dari Allah di Sidratul Muntaha.

Isra' Miraj sendiri sebenarnya terjadi dalam 2 bagian. yaitu Isra yang merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari masjidil haram ke masjidil Aqsa. Sedangkan Miraj yaitu perjalanan dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha. Di Sidratul Muntaha Nabi Muhammad SAW bertemu secara langsung dengan Allah SWT dan mendapat perintah untuk sholat waktu.


Apa bila kita memikirkan perjalanan Nabi Muhammad dengan pikirin kita maka akan sangat sulit. Sebab kita perjalanan Isra Miraj ini hanya di tempuh dalam sebagian malam saja, bukan sepanjanga malam. Jarak antara masjidil haram dengan masjidil aqsa seperti jarak antara mekah dengan palestina. jarak ini sangatlah jauh dan tidak mungkin untuk dilakukan pada jaman dahulu. Oleh karena itu, dalam menyikapi peristiwa Isra Miraj ini kita harus menyikapinya dengan kecamata iman. 

Khutbah di Masjid Sawoo, Ponorogo
Jumat, 7 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar