Sabtu, 08 Juni 2013

Proses Terjadinya 2 Pelangi -- Double Rainbow

Saat kita kecil kita sangat suka dengan pelangi. Sesaat selesai hujan kota selalu berharap akan muncul
pelangi. Akan tetapi kadang pelangi itu muncul, kadang pula pelangi itu tidak muncul....Seiring dengan bertambahnya usia mulai muncul dibenak kita bagaima proses terjadinya pelangi? kenapa kadang muncul pelangi setalah hujan? kenapa kadang juga tidak muncul.?

Disini saya akan menjelaskan tentang fenomena pelangi tersebut. Pelangi  berasal dari sinar matahari yang terpantul pada air hujan. Sinar matahari yang kalau kita lihat kesannya hanya punya satu warna, sesungguhnya meruapkan sinar yang polikromatrik atau terdiri dari berbagai spektrum warna.


Ketika sinar matahari mengenai air hujan, maka akan terjadi proses pembiasan yang mengakibatkan terurainya warna menjadi spektrumnya masing-masing. Mulai dari spektrum  warna merah hingga biru.. Untuk pelangi yang pertama pemantulan sinar matahari pada air hujan terjadi 3 kali. sedangkan untuk pemantualan warna pada pelangi yang kedua adalah 4 kali.


Seperti terlihat pada gambar diatas, pelangi sekunder umumnya mempunyai jari jari yang lebih besar dari pada pelangi primer. Sinar yang dihasilkan oleh pelangi primer lebih jelas dari pada sinar yang dihasilkan oleh pelangi sekunder. Hal ini mungkin disebabkan oleh jumlah pantulan yang terjadi  pada pelangi sekunder sebanyak 4 kali sehingga menurunkan intensitas cahayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar