Senin, 17 Juni 2013

Menjaga Lidah

Khutbah Sholat Jumat di Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Depok, Jumat 14 Juni 2013

Pentingnya Menjaga Lidah

Menjaga lidah atau ucapan itu sangatlah penting, karena seseorang bisa masuk neraka ataupun masuk surga karena ucapannya itu. Ucapan kita yang jelek dapat membuat sakit hati orang lain yang sulit untuk dihilangkan. Ataupun bila kita gunakan untuk menipu seseorang maka dapat membuat orang lain tersesat. Akan tetapi lidah kita bisa juga digunakan untuk kebaikan salah satunya dengan saling menasehati dalam kebaikan dengan sesama umat muslim.


Ada suatu kisah, ketika sesorang dimasukkan kedalam neraka, padahal orang tersebut sering berbuat baik, rajib ibadah dan amalan yang lainnya. Orang itu bingung, kenapa bisa masuk neraka. Ternyata, penyebab dia masuk neraka adalah karena ucapannya kepada seseorang. sekali kepada orang lain. Dengan ucapan jelek sekali bisa membuat kita masuk neraka. Begitu pula ada orang yang dimasukkan kedalam surga karena ucapannya. 

Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim harus pintar menjaga lidah kita dari ucapan-ucapan yang kotor/tidak pantas. Kita harus menggunakannya untuk saling mengingatkan dalam kebaikan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar