Kamis, 30 Januari 2014

Metalografi (2)

1.         Mounting
1.1 Tujuan Percobaan
               Mounting bertujuan untuk menempatkan sampel pada suatu media, untuk memudahkan penangannan sampel yang berukuran kecildan  tidak beraturan tanpa merusak sampel

            1.2 Dasar teori
        Spesimen yang berukuran kecil atau memiliki bentuk yang tidak beraturan akan sulit untuk ditangani khususnya ketika dilakukan pengamplasan dan pemolesan akhir. Sebagai contoh adalah spesimen yang berupa kawat, spesimen lembaran metal tipis, potongan yang tipis, dll. Untuk memudahkan penanganannya, maka spesimen-spesimen tersebut harus ditempatkan pada suatu media (media mounting). Secara umum syarat-syarat yang harus dimiliki bahan mounting adalah :
a.       Bersifat inert (tidak bereaksi dengan material dan zat etsa)
b.      Sifat eksoterimis rendah
c.       Viskositas rendah
d.      Penyusutan linier rendah
e.       Sifat adhesi baik
f.        Memiliki kekerasan yang sama dengan sampel
g.       Flowabilitas baik, dapat menembus pori, celah dan bentuk
                              ketidakteraturan yang terdapat pada sampel
h.      Khusus untuk etsa elektrolitik dan pengujian SEM, bahan
                              mounting harus kondusif



      Media mounting yang dipilih haruslah sesuai dengan material dan jenis reagen etsa yang akan digunakan. Pada umumnya mounting menggunakan material plastik sintetik. Materialnya dapat berupa resin (castable resin) yang dicampur dengan hardener, atau bakelit. Penggunaan castable resin lebih mudah dan alat yang digunakan lebih sederhana dibandingkan bakelit, karena tidak diperlukan aplikasi panas dan tekanan. Namun bahan castable resin ini tidak memiliki sifat mekanis yang baik (lunak) sehingga kurang cocok untuk material-material yang keras. Teknik mounting yang paling baik adalah menggunakan thermosetting resin dengan menggunakan material bakelit. Material ini berupa bubuk yang tersedia dengan warna yang beragam. Thermosetting mounting membutuhkan alat khusus, karena dibutuhkan aplikasi tekanan (4200 lb/in2) dan panas (1490C) pada mold saat mounting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar