Selasa, 21 Januari 2014

Referensi untuk KRI ( Kontes Robot Indonesia )

1.       referensi material yang sering digunakan untuk membuat robot KRI


aluminium,
Aluminium (atau aluminum,alumunium,almunium,alminium) ialah unsur kimia. Lambang aluminium ialah Al, dan nomor atomnya 13. Aluminium ialah logam paling berlimpah. Alumunium hamper sama kuatnya dengan besi. Tetapi lebih ringan. Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik. Terang dan kuat. Merupakan konduktor yang baik juga buat panas. Dapat ditempa menjadi lembaran, ditarik menjadi kawat dan diekstrusi menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang. Tahan korosi.

acrilic,
Pada umumnya disebut dengan 'kaca akrilik' atau sekedar 'akrilik'. Bahan ini dikembangkan pada tahun 1928 di berbagai laboratorium dan dibawa ke pasaran oleh Rohm and Haas Company pada tahun 1933. Akrilik lebih kuat daripada alumunium bila bentuknya tebal. Tetapi bila bentuknya ringan akrilik gampang patah
nilon,


Nilon merupakan suatu keluarga polimer sintetik yang diciptakan pada 1935 oleh Wallace Carothers di DuPont. Serat nilon sekarang dipergunakan untuk kain dan tali. Nilon padat digunakan untuk bagian mekanik dan rekayasa.
besi,

Besi adalah logam yang berasal dari bijih besi (tambang) yang banyak digunakan untuk kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu kelemahan besi adalah mudah mengalami korosi. Korosi menimbulkan banyak kerugian karena mengurangi umur pakai berbagai barang atau bangunan yang menggunakan besi atau baja. Sebenarnya korosi dapat dicegah dengan mengubah besi menjadi baja tahan karat (stainless steel), akan tetapi proses ini terlalu mahal untuk kebanyakan penggunaan besi. Besi digunakan biasayna pada baut/ mur dimaan kekuatan adalah yang utama.


2.         referensi spare part yang sering digunakan untuk membuat robot KRI

belt,
belt yang artinya sabuk. Fungsinya hamper sama dengan gear yang bekerja pada gearbox. Yaitu menyalurkan putaran mesin pada alat gerak robot. Tetapi pada sabuk lebih fleksibel karena bisa dipotong disesuaikan dengan kebutuhan.

gear
gear adalah salah satu komponen penting pada robot, bias anya terbuat dari besi/ baja karena gear bekerja pada kondisi yang berat. Gear bisanya di gunakan di bagian bagian yang bergerak dan di gunakan di gearbox.

3.         referensi peralatan dan mesin yang sering digunakan untuk membuat robot KRI

obeng,
Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut. Ada beberapa model obeng yang digunakan di seluruh dunia. Jenis yang sangat umum di Indonesia adalah model Phillips yang populer disebut obeng kembang atau plus (+) dan slottedyang sering disebut obeng minus (-). Jenis obeng lain yang digunakan di negara-negara lain antara lain Torx (bintang segi enam), hex (segi enam), Robertson (kotak).

jigsaw,
Gergaji ialah alat yang digunakan untuk memotong sesuatu. Gergaji biasa menimbulkan suara ribut. Menggunakan gergaji untuk memotong bahan berbahaya karena tepinya yang tajam dan dan jangan sampai menyenuh kulit ketika menggunakannya. Bagian suatu benda yang dipotong gergaji bisa terbang kabur dan berbahaya buat pernapasan, mata dan kulit.

bor,

Mesin bor adalah mesin yang digunakan untuk membuat lubang pada suatu bahan. Mesin bor bekerja secara berputar dengan kecepatan tinggi sehingga mampu untuk membuat lubang. Mesin bor bisa juga diguanakan untuk membuat lubangmur.;

1 komentar: