Minggu, 05 Mei 2013

Pengaruh besar sudaut sayap pesawat terhadap gaya angkat, beda tekanan dan turbulensi



Pengaruh besar sudaut sayap pesawat terhadap gaya angkat, beda tekanan dan turbulensi

Seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa komponen sayap pesawat sangatlah berperan terhadap kemampuan terbang sebuat pesawat. Karena sayap pesawatlah yang menghasilkan gaya lift. Gaya lift sendiri berasal dari perbedaan tekanan udara yang ada di sayap pesawat bagian atas dan bagaian bawah. Pada bagian atas pesawat, profil sayap berbentuk sedkit lebih melengkung. Hal ini bertujuan untuk memperjauh  jarak udara yang lewat diatasnya. Semkin jauh selisih jaraknya, maka pesawat akan mempunyai beda tekanan yang lebih besar dan semakin besar beda tekanan udaranya maka semakin besar bula beban yang mampu di angkat oleh pesawat. Untuk lebih jelasanya bisa dilihat di gambar di bawah ini (artikel selengkapnya bisa di baca disini )





Kenyataannya pada pesawat terbang terdapat pula variasi pemasangan sayap pesawat, sayap ini dapat dipasang di berbagai sudut yang diingainkan. Besarnya sudat pemasangan pesawat ini ditentukan melalui percobaan. Tujuannya untuk menentukan sudaut yang paling efektif dimana mengahasilkan beda tekanan yang paling besar sehingga beban yang dapat diangkat oleh pesawat dapat mencapai maksimum dan jumlah pemakaian bahan bakar dapat diefisiensikan.
Untuk memahami pengaruh sudut terhadap gaya angkat, beda tekanan dan turbulensi dapat dilihat di video di bawah ini
http://www.youtube.com/watch?v=Ti5zUD08w5s
Artikel ini juga dapat dibaca di blog :
Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar