Pengaruh besar sudaut sayap pesawat terhadap gaya angkat,
beda tekanan dan turbulensi
Seperti yang saya jelaskan pada
artikel sebelumnya bahwa komponen sayap
pesawat sangatlah berperan terhadap kemampuan terbang sebuat pesawat. Karena
sayap pesawatlah yang menghasilkan gaya lift. Gaya lift sendiri berasal dari
perbedaan tekanan udara yang ada di sayap pesawat bagian atas dan bagaian
bawah. Pada bagian atas pesawat, profil sayap berbentuk sedkit lebih
melengkung. Hal ini bertujuan untuk memperjauh
jarak udara yang lewat diatasnya. Semkin jauh selisih jaraknya, maka
pesawat akan mempunyai beda tekanan yang lebih besar dan semakin besar beda
tekanan udaranya maka semakin besar bula beban yang mampu di angkat oleh
pesawat. Untuk lebih jelasanya bisa dilihat di gambar di bawah ini (artikel
selengkapnya bisa di baca disini )
Kenyataannya pada pesawat terbang terdapat pula variasi
pemasangan sayap pesawat, sayap ini dapat dipasang di berbagai sudut yang
diingainkan. Besarnya sudat pemasangan pesawat ini ditentukan melalui
percobaan. Tujuannya untuk menentukan sudaut yang paling efektif dimana
mengahasilkan beda tekanan yang paling besar sehingga beban yang dapat diangkat
oleh pesawat dapat mencapai maksimum dan jumlah pemakaian bahan bakar dapat
diefisiensikan.
Untuk memahami pengaruh sudut terhadap gaya angkat, beda
tekanan dan turbulensi dapat dilihat di video di bawah ini
http://www.youtube.com/watch?v=Ti5zUD08w5s
http://www.youtube.com/watch?v=Ti5zUD08w5s
Artikel ini juga dapat dibaca di blog :
Dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar